Carrier Oil (Part 1)

Carrier oil merupakan oil yang diekstrak dari bagian tanaman yang banyak mengandung fatty acid dan vitamin yg larut dalam lemak seperti biji dan kacang kacangan

Metode ekstraksi ada dua cold pressed/expeller pressed dan macerated.Cold pressed/expeller pressed biasa disebut ektraksi secara mekanik.Macerated dilakukan dengan melakukan infused bagian tanaman misalnya chamomile flower atau calendula flower ke dalam carrier oil dan dibiarkan dalam rentang waktu tertentu.

Refined Atau Unrefined?
Unrefined:Oil hasil ekstraksi secara mekanik tidak diproses lagi. Kandungan fatty acidnya masih paling murni sehinggal healing paling terbaik.
Refined:Oil hasil ekstraksi secara mekanik diproses lagi bisa berupa filtering maupun rbo.

Kandungan Utama carrier oil sendiri berupa fatty acid yang biasa ditemukan diantaranya palmitic, stearic, oleic, linoleic, and linolenic acids.
Kandungan fatty acid ini menentukan karakteristik suatu carrier oil->stabiliti, penetrasi, biologic activity, dan juga skin feel (bagaimana kulit merasa ketika oil tsb diaplikasikan).
Stability suatu carrier oil mempengaruhi carrier oil tersebut mudah teroksidasi atau tidak. Suatu carrier oil dengan kandungan asam lemak tidak jenuh lebih besar akan lebih mudah teroksidasi.
Essential Fatty acid (EFA) adalah fafty acid yang memegang peranan penting buat tubuh.
Tapi EFA  tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia sehingga harus dipasok dari luar.

Kita akan bahas beberapa fatty acid yang umum dijumpai dicarrier oil:
– Linoleic Acid
Ini salah satu lemak tidak jenuh (omega 6) dan masuk sebagai essential fatty acid. linoleic acid ini digunakan oleh tubuh untuk memproduksi GLA (Gama Linolenic acid). GLA berperan penting dalam produksi prostaglandins yg berperan dalam proses peradangan (bs check kaitan prostaglandins dengan inflamasi disini:http://myblogdiladini.blogspot.co.id/2016/03/anti-inflamasi.html?m=1)

– Oleic Acid
Secara teknik bukan EFA karena tubuh manusia bisa memproduksi walaupun dalam jumlah kecil. Fatty acid ini sangat menghidrasi kulit karena kemampuannya menetrasi kekulit sampai lapisan dalam

– Stearic Acid
Ini bukan EFA karena dihasikan oleh tubuh. Umum dijumpai di carrier oil.

Aplikasi Carrier Oil

Aplikasi secara topical antara 0-100%.
Biasa digunakan untuk mendiluted essential oil juga.

Carrier Oil Mixing

Pada dasarnya untuk mixing carrier oil itu fleksible yang harus diperhatikan diantaranya
– Defined tujuanya untuk apa misal utk hair care atau face care, untuk siapa(anak/dewasa/wanita hamil?)
– Detailkan problemnya (jenis kulit/hair apa, masalahnya apa misal jerawat atau misal masalah ketombe) dan healing yang diinginkan.
– Tentukan tekstur yang diinginkan. Lihat detail carrier oil didatabase dan silahkan dipilih sesuai point-point sebelumnya.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *