Carrier Oil vs Essential Oil

Banyak orang masih bingung membedakan antara carrier oil dengan essential oil. Berikut ini perbedaan utama antara carrier oil dengan essential oil secara general

1. Carrier oil biasa didapat dari bagian tumbuhan yang banyak mengandung fatty acid misalnya biji, sedangkan essential oil biasa didapat dari bagian aromatic tumbuhan seperti bunga, daun, batang, kulit batang, maupun akar.

2. Carrier oil memiliki komponen utama berupa essential fatty acid karena diambil dari bagian yang banyak mengandung fatty acid. Sedangkan komponen utama dari essential oil adalah terpene dan turunan benzene.

3. Metode ekstraksi terbaik untuk carrier oil adalah cold press/expeller press sedangkan untuk essential oil menggunakan metode steam distilation/vacum distilation (Beberapa eo golongan citrus ada yang menggunakan cold press extraction).

Untuk tambahan, biasanya carrier oil yang diekstraksi dengan menggunakan metode cold press/expeller press menghasilkan yield yang tidak sebanyak menggunakan solvent extraction. Metode solvent extraction ini biasa digunakan untuk menghasilkan cooking oil karena menghasilkan yield yang banyak dan secara ekonomi lebih menguntungkan.

Ekstraksi carrier oil menggunakan cold press/expeller press menghasilkan komposisi komponen terbaik sehingga healing power terbaik bisa didapatkan.

4. Carrier oil bisa langsung diaplikasikan ke tubuh (face, body, and hair) sedangkan essential oil harus didiluted terlebih dahulu apabila ingin diaplikasikan ke tubuh (walaupun beberapa essential oil ada yang bisa langsung diaplikasikan tapi untuk kulit sensitive tetap sangat tidak disarankan untuk aplikasi langsung).

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *