Manfaat Turmeric Atau Kunyit

turmeric bubuk kunyitTurmeric dalam indonesia biasa dikenal dengan istilah kunyit merupakan tumbuhan yang indonesia banget. Disini saya akan membahas bagaimana menggunakan kunyit untuk mengatasi jerawat.

Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. (source:wikipedia)

Turmeric sudah dikenal sejak lama sebagai antiseptic dan antibakteri alami yang sangat efektif. Selain itu, Turmeric juga dikenal sebagai antiinflamasi, antioksidan, antitumor, antiallergic, antispasmodic, alterative, dan analgesic. Selain itu, Turmeric juga sangat efektif untuk mengatasi alergi, meningkatkan imunitas, menyehatkan liver, dan mengontrol tingkat kolesterol didalam tubuh. Turmeric sangat efektif menghambat pertumbuhan bakteri ketika digunakan untuk mengatasi jerawat. Turmeric tersebut sangat membantu mengurangi peradangan kulit. Turmeric juga membantu menyingkirkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Karena manfaat turmeric tersebut, turmeric sangat direkomendasikan untuk mengatasi jerawat dengan cara berikut:

  1. Meminum Turmeric milk (kalau istilah jawanya jamu) secara teratur sebelum tidur.

    Ini merupakan treatment dari dalam. Kalau saya lebih suka minum jamu kunyit yang sudah diberi asam dan madu biasa dikenal jamu kunyit asam. Saya biasa minum jamu tersebut sekali dalam seminggu. Apabila tamu bulanan sedang datang, saya minum jamunya setiap hari. Pastikan jamu yang diminum benar-benar terbuat dari bahan alami. Saya lebih menyarankan membuat sendiri dari kunyit segar daripada beli jamu sachetan yang sudah jadi. Apabila memang terpaksa harus beli sachetan, pastikan komposisi penyusunnya adalah 100% kunyit tanpa ada tambahan pengawet maupun pemanis buatan (kalau jamu sachetannya adalah jamu kunyit asam pastikan komposisinya terdiri dari kunyit, asam, dan madu serta komposisinya tidak terdapat pengawet maupun pemanis buatan).

  2. Turmeric Mask

    Ini adalah perawatan eksternal berupa masker yang bisa diaplikasikan ke wajah atau kulit yang terkena jerawat dengan komposisi utama adalah Turmeric. Aplikasi Turmeric Mask ke kulit yang berjerawat bertujuan untuk mengurangi luka bekas jerawat dan jerawat pada umumnya. Untuk resep Turmeric Mask, tunggu postingan berikutnya yaa…

  3. Turmeric Scrub

    Tujuan utama mengunakan scrub dengan kandungan utama turmeric adalah menghilangkan bekas luka akibat jerawat dan mengangkat sel kulit mati pada kulit. Untuk resep Turmeric Scrub, tunggu postingan berikutnya juga yaa..

Selamat mencoba. Smoga bermanfaat.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *