Perbedaan Unrefined Shea Butter dengan Refined Shea Butter

shea butter MRH

Beberapa perbedaan utama Unrefined Shea Butter dengan Refined Shea Butter

1. Unrefined masih memiliki bau kacang dari baunya yg lembut sampai strong. Sedangkan refined shea butter, sudah mengalami proses deodorisasi yaitu proses penghilangan bau dengan menggunakan temperatur dan tekanan tertentu. Hal ini mempengaruhi beberapa komponen komposisi yang terkandung oleh shea butter.

2. Unrefined memiliki warna dari ivory ke beige untuk jenis west sedangkan warna kekuningan untuk east, Tapi ada juga warna west yg sedikit kekuningan seperti brand MRH (mountain rose herb). Sedangkan refined shea butter sudah mengalami proses bleaching yaitu proses pemutihan untuk menghilangkan warna yang tidak diinginkan sehingga didapatkan warna lebih putih. Proses bleaching ini biasa dilakukan dengan menambahkan chemical agent seperti chlorine, hydrogen peroksida, dan ada beberapa yang lain. Chemical agent tersebut berpeluang untuk ikut terbawa di shea butter.

Mana yang lebih baik?

Aplikasi langsung sangat direkomendasikan untuk menggunakan unrefined shea butter karena kandungan nutrisinya yang lebih lengkap selain efek moisturizernya. Sedangkan nutrisi yang didapat dari refined shea butter tidak selengkap dibanding dengan unrefined tapi efek moisturizernya tetap sama.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *